Sarapan pagi di Stasiun Malang

Setelah perjalanan panjang di kereta kira kira 16 jam perjalanan. Kami tiba di Stasiun Malang pada pukul 07.20 pagi. Setelah kami mengambil barang bawaan kami dan keluar kereta, kami langsung sarapan di Stasiun Malang dari pukul 07.30 sampai 08.00. Setelah merasa perut kami terisi, kami langsung mencari transportasi ke Pasar Tumpang yaitu angkutan umum. Setelah mendapatkan angkutan umum tersebut, kami semua berangkat ke Pasar Tumpang pukul 08.15 dan tiba pukul 08.35.

Belanja kebutuhan mendaki di Pasar Tumpang

Setibanya di Pasar Tumpang, kami berpencar untuk membeli bahan konsumsi untuk pendakian nanti. Setelah berkeliling dan bertransaksi dengan penjual makanan yang ada di Pasar Tumpang, kami berkumpul lagi pukul 10.00. Lalu kami semua mengisi list logistic per orang agar nanti ketika pendaftaran akan cepat. Sesudah itu, kami semua berangkat ke titik awal pendakian Gunung Semeru yaitu Ranupane pada pukul 10.25 dengan truk. Sewaktu perjalanan dengan truk, kami melewati beberapa desa dan meilhat pemandangan yang indah dalam perjalanan. Kami dapat melihat Gunung Semeru dari kejauhan.

Perjalanan ke Ranupane

Perjalanan  dengan truk terus mendaki dan pada akhirnya kami sampai di desa Ranupane pukul 12.00 pada ketinggian sekitar 2200 mdpl. Sesudah sampai di Ranupane, kami langsung pergi ke TNBTS atau Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan melakukan pendaftaran pendakian sampai pukul 13.25. Kami melihat banyak sekali pendaki yang berada di desa Ranupane. Ada beberapa pendaki yang mau mendaki dan ada juga yang sudah mendaki.
Pendaftaran sebelum mendaki

Setelah melakukan pendaftaran di TNBTS, kami langsung pergi ke pondok pendaki yang letaknya berdekatan dengan TNBTS. 
Evaluasi

Pondok pendaki ini adalah pondok yang disediakan untuk para pendaki Gunung Semeru untuk istirahat dan berlindung dari cuaca seperti hujan atau badai. Setelah sampai di pondok pendaki, kami langsung melakukan evaluasi dengan anggota penuh di pondok pendaki ini dari pukul 13.30 sampai 15.04. Setelah agak lama melakukan evaluasi untuk hari ini, kami semua makan siang di pondok pendaki sampai 15.45. Setelah itu, ada beberapa diantara kami yang mendata sampah di sekitar desa Ranupane, melakukan survey, dan menjaga barang barang di pondok pendaki. 
Pondok Pendaki

Pada pukul 17.45, kami semua berkumpul di pondok pendaki dan bersiap-siap untuk makan malam sampai pukul 18.00. lalu kami makan malam di pondok pendaki sampai pukul 19.00. Untuk menjaga kondisi dan kesehatan kami agar pendakiannya lancar, divisi medis melakukan cek medis ke tiap AM sampai pukul 19.20. Sebelum tidur, kami evaluasi hari ini dan briefing  untuk besok hari sampai pukul 21.00. Kemudian kami bersiap-siap untuk tidur di pondok pendaki dan kami tidur pada pukul 21.45.

0 comments:

Post a Comment

 
Top