Pagi di Ranu Kumbolo

Kami bangun pukul 07.00. Kami merasa sangat segar dan fit pagi ini. Setelah bangun kami lantas langsung rutin pagi, membereskan tenda dan pendataan sampah di sekitar Ranukumbolo. Lalu semuanya selesai pukul 09.45. Sebelum meninggalkan Ranukumbolo, kami mengambil beberapa foto kami dengan pemandangan danau Ranukumbolo. Lalu tidak lupa kami dengan pemanasan sebelum berangkat dan akhirnya kami berangkatke Ranupane pukul 10.05.

Selamat tinggal  Ranu Kumbolo

Perjalanan terasa cepat karena rasa hati kami yang akan merindukan Puncak Mahameru. Faktor lainnya adalah beban bawaan kami yang semakin ringan karena berkurang tiap harinya. Kami sampai di desa Ranupane pukul 13.15. Sesampainya di Ranupane, kami istirahat sejenak lalu dilanjutkan dengan mencari makan siang dan oleh-oleh. Ada buah tangan seperti baju, buff, dan gantungan kunci. Makanan yang bervariasi seperti bakso malang, es campur, nasi rawon dan lain lain membuat kami merasa puas. Setelah istirahat yang cukup lama, kami berpencar untuk mewawancarai masyarakat sekitar dari pukul 15.00 sampai 16.30.

Sebentar lagi pulang!

Kami mewawancarai penjual alat pendaki, ibu-ibu penjual di warung, tukang parker dan lain-lain. Setelah cukup dengan wawancara, divisi transport mencari truk pick up hingga pukul 17.15. Sesudah akhirnya kami dapat truk pick up untuk mengantar kami semua ke Pasar Tumpang, kami bergegas menaiki truk dan langsung berangkat ke Pasar Tumpang.

Semeru

Sewaktu perjalanan ke Pasar Tumpang, kami dapat melihat Gunung Semeru yang makin menjauh dari kami. Tak terasa kalau kami semua berada di puncak Mahameru kemaren malamnya. Semakin lama semakin jauh dan akhirnya kami tidak dapat melihat Gunung Semeru lagi. Kami tiba di Pasar Tumpang pukul 19.30.
Sekretariat PA Universitas Merdeka

Lalu kami turun dari truk pick up dan divisi transport mencari angkutan umum untuk mengantar kami ke Universitas Merdeka. Kami akhirnya dapa angkutan umum dan berangkat ke Universitas Merdeka. Kami tiba di Universitas Merdeka pukul 20.30. Lalu kami menyimpan tas kami dan kami diajak makan malam oleh orang tua AM. Kami mulai makan malam pukul 21.00. Sesudah makan malam, kami melaksanakan evaluasi dan briefing dari pukul 21.50 hingga pukul 00.00. Sesudah evaluasi dan briefing, kami istirahat di Universitas Merdeka.